Youlieantie's Blog

Just another WordPress.com site

November 5, 2013

Filed under: Uncategorized — youlieantie @ 1:06 am

Pembahasan dalam pengertian hukum perburuhan dalam pembangunan

 

hukum perburuhan adalah himpunan peraturan baik tertulis maupun tidak yang berkenaan dengan kejadian dimana seseorang bekerja pada orang lain dengan menerima upah.

Kota perubahan yaitu kejadian atau kenyataan dimana seseorang disebut buruh, bekerja pada orang lain biasanya disebut majikan, dengan menerima upah dengan sekaligus mengesampingkan antara pekerjaan bebas atau (diluar hubungan kerja). Hukum perburuhan dapat sementara dikatakan menghendaki keadilan sosial dalam keseimbangan antara kepentingan buruh dan kepentingan majikan.

Sedangkan keadilan sosial untuk buruh terletak dilapangan lain yang tatu saja harus mendapatkan perhatian pula, tetapi bukan semata-mata dalam hukum perburuhan melainkan dibidang lainnya, misal: penggarap sawah milik orang lain.

 

Hukum perburuhan: Pasal 28D ayat 3 dan 4

 

Hakikat Hukum Perburuhan

 

Yang mana dalam hubungan buruh dan majikan terjalin suatu ikatan yang secara prinsipil tidak ada seorangpung yang boleh diperbudakkan, diperluhur, diperhambat. Akan tetapi telah terdapat sebuah ikatan kerjasama yang saling menghitungkan kedua belah pihak karna akan sama-sama mendapat hak dan kewajiban.

 

Sifat Hukum Perubahan

 

tujuna pokok dari hukum perburuhan adalah pelaksanaan keadilan sosial dan pelaksanaan itu dilaksanakan dengan jalan melindungi buruh terhadap kekuasaan yang tidak terbatas dari pihak majikan demikianlah sifat dari pada perburuhan. Menempatkan buruh pada suatu kedudukan yang terlindung terhadap kekuasaan majikan berarti menempatkan majikan bertindak lain terhadap kekuasaan yang sudah ada. Walaupun kepada buruh dan majikan diberikan kebebaskan untuk mendapatkan peraturan-peraturan tertentu (hukum perburuhan otonom) namun peraturan itu tidak boleh bertentangan dari penguasa yang bermaksud mengadakan perlindungan. Peraturan itu pada dasarnya adala perintah dan larangan dengan mengunakan katan hatur atau wajib.

 

KUHP Pasal 62

 

Kaitan Hukum Undang-Undang Perdata Pasal 1602 S

 

Menetapkan bahwa dalam hal upaya buruh seluruhnya atau sebagin ditetapkan secara indude, maka keperluan hidup dan lain-lain. Suatu perjanjian yang menghapus atau mengurangi perjanjian itu adalah batal.

 

Riwayat Hukum Perburuhan

 

Jika berbicara tentang riwayar hukum perburuhan mungkin banyak orang berharap disajikannya uraian mengenai pertumbuhan dan perkembangan dalam perburuhan yang semata-mata dari UU dan peraturan lainnya mengenai perburuhan.

Karena dahulu terutama di negara-negara berat terdapat suatu pendirian bahwa hukum itu hanya terdapat dalam UU sehingan timbul dalil yang menyamakan UU dengan Hukum, (Wet Is Recht) ternyata adalah suatu yang keliru dan menimbulkan kesan pada penguasa asing terutama yang memerintah di Indonesia ini dahulu.

 

Perbudakan

Pada zaman perbudakan orang melakukan pekerjaan dibak pimpinan orang lain dimana budak tidak punya hak apapun. Sebagai bukti dalam praktik dimana perlakuan terhadap budak itu ialah sangat mengerikan ketika pemerintahan belanda dalam memulai mengatur hukum perbudakan tahun 1917 yang mana tidak mengotak atik hubungan budak dengan pemiliknya tetapi hanya larangan memasukan budak ke pulau jawa yang berarti membatasi budak lain dari kelahira yang mana peraturan-peraturan diatur dalam:

  1. Peraturan tentang pendapatan budak dari tahun 1819

  2. Peraturan tentang pajak pemilikan budak dari tahun 1820

  3. Peraturan

  4. Peraturan tentang pendapatan anak budak dari tahun 1833

  5. Peraturan tentang penggantian nama-nama budak dari tahu 1834

  6. Peraturan tentang pembebasan perbudakan dari pelalut yang dijadikan budak dari tahun 1848

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s