Youlieantie's Blog

Just another WordPress.com site

Tugas Bahasa Indonesia ke 2 January 18, 2013

Filed under: Uncategorized — youlieantie @ 10:20 am
Nama Anggota kelompok  : CHALIDA FATHIA (21210546)
                                            DINAR TRI ANGGRAINI (22210069)
                                             YULIANTI (28210754)

Kelas                                    :  3
EB06

 

 Rangkuman
Buku ini membahas akuntansi biaya untuk tujuan penentuan harga pokok produk dan pengendalian biaya. Akuntansi biaya untuk memenuhi kebutuhan manajemen bagi penentuan harga pokok produk dibahas dalam bab 2 sampai bab 11. Karena pada dasarnya terdapat dua macam metode penentuan harga pokok produk yaitu metode full costing dan metode variabel costing, maka untuk tidak menanamkan kesan bahwa perhitungan harga pokok produk hanya didasarkan pada full costing saja, dalam bab 5 variabel costing disajikan secara terurai metode penentuan harga pokok  produk alternatif yang lebih banyak dikenal dengan nama salah kaprah: direct costing. Akuntansi biaya untuk penentuan harga pokok produk dengan metode full costing dibagi menjadi 2 kelompok: penentuan harga pokok produk dalam perusahaan yang produksinya berdasarkan pesanan dan produksi massa (bab 2 – bab 64), penentuan harga pokok produk dengan metode variabel costing dalam perusahaan yang berproduksi berdasarkan pesanan dan berproduksi massa (bab 6) dan penentuan harga pokok produk dalam perusahaan yang menghasilkan produk bersama dan produk sampingan (bab 11).
Akuntansi biaya untuk menyediakan informasi bagi manajemen guna pengendalian biaya, didalam bab 12 diuraikan Sistem Biaya Taksiran, bab 13 Sistem Biaya Standar diuraikan secara rinci dengan pendekatan full costing dan bab 14 Sistem Biaya Standar diuraikan dengan pendekatan variabel costing. Uraian akuntansi biaya untuk pengendalian biaya dimulai dari sistem yang paling sederhana yaitu sistem biaya taksiran dan dilanjutkan ke sistem pengendalian biaya produksi yang lebih kompleks yaitu sistem biaya standar. Dalam bab 15 perilaku biaya membahas tentang perekayasaan informasi biaya dalam hubungannya dengan perubahan volume kegiatan, yang bermanfaat untuk masukan bagi penerapan pendekatan variabel costing yang telah diuraikan dalam bab 5, bab 6 dan bab 14. Sistem akuntansi biaya untuk menyediakan informasi biaya bagi manajemen dalam pengendalian dan pengerahan kegiatan pemasaran. Dalam bab 16 membahas tentang analisis biaya pemasaran.
Tujuan Penulis
Buku ini ditujukan penulis bagi mahasiswa pendidikan tinggi jurusan akuntansi dan non akuntansi. Bagi jurusan non akuntansi penulis berharap mahasiswa dapat memiliki konsep yang benar mengenai informasi biaya dan mampu memanfaatkan informasi tersebut dalam melaksanakan fungsi pokok manajemen perencanaan dan pengendalian kegiatan perusahaan. Sedangkan bagi mahasiswa jurusan akuntansi penulis mempunyai suatu harapan yaitu mahasiswa dapat memahami konsep dan manfaat informasi biaya dan mampu “menjual” konsep informasi biaya kepada manajemen yang memerlukan informasi biaya dalam pengelolaan kegitan perusahaan dan memiliki kemampuan sebagai perekayasa informasi biaya yang berorientasi kepada kebutuhan manajemen.
 
Tujuan Tinjauan Buku
Tujuan kami melakukan tinjauan pada buku ini adalah untuk mencari dan mengetahui apa yang di bahas penulis dan tujuan penulis untuk apa menerbitkan buku tersebut sehingga kami bisa memaparkan isi dari buku ini. Dengan demikian kami mendapatkan konsep dan informasi biaya yang bermanfaat bagi manajemen dalam pelaksanaan fungsi perencanaan dan pengendalian kegiatan  perusahaan di dalam buku ini.
 Kesimpulan
Kesimpulan dari buku ini adalah kami sangat menyarankan kepada mahasiswa jurusan akuntansi dan non akuntansi untuk dapat membaca serta memahami isi dari buku tersebut. Karena buku ini tidak hanya membahas pada bidang aspek yang sempit namun penulis membahas aspek informasi akuntansi biaya secara umum. Selain dari isi buku ini, penulis juga menggunakan bahasa yang ringan dan contoh suatu informasi biaya dalam suatu perusahaan yang mudah untuk di pahami pembaca, sehingga buku ini menurut kami layak untuk di baca mahasiswa jurusan akuntansi dan non akuntansi agar memiliki kemampuan untuk menyediakan informasi biaya yang sesuai dengan kebutuhan pemakaian.
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s