Youlieantie's Blog

Just another WordPress.com site

PENGERTIAN HUKUM DAN HUKUM EKONOMI April 9, 2012

Filed under: Uncategorized — youlieantie @ 5:30 am

Indonesia adalah salah satu Negara hukum, jika setiap warga negaranya melanggar maka mereka akan dikenakan hukum dan di proses dipengadilan, dengan perantaraan hakim berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku. Hukum di Indonesia merupakan beberapa gabungan dari hukum agama, hukum adat, dan hukum lainnya.

Pengertian hukum menurut beberapa para ahli :

1.) Menurut Van Kan

Hukum merupakan keseluruhan peraturan hidup yang bersifat memaksa untuk melindungi kepentingan  manusia di dalam masyarakat.

2.) Menurut Utrecht

Hukum merupakan himpunan peraturan (baik berupa perintah maupun larangan) yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat dan seharusnya ditaati oleh anggota masyarakat yang bersangkutan. Oleh karena itu pelanggaran petunjuk hidup tersebut dapat menimbulkan tindakan dari pihak pemerintah.

3.) MenurutWiryonoKusumo

Hukum adalah merupakan keseluruhan peraturan baik yang tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur tata tertib di dalam masyarakat dan terhadap pelanggarnya umumnya dikenakan sanksi.

 

Jadi secara garis besar, hukum menurut para ahli hukum merupakan peraturan atau ketentuan ketentuan yang tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur kehidupan kita dalam bermasyarakat dan mendapatkan sanksi jika melanggarnya.

Pengertian Hukum Ekonomi

Hukum ekonomi adalah suatu hubungan sebab akibat atau pertalian peristiwa ekonomi yang saling berhubungan satu dengan yang lain dalam kehidupan ekonomi sehari-hari dalam masyarakat.

  • Hukum ekonomi dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :
  1. Hukum ekonomi pembangunan, adalah yang meliputi pengaturan dan pemikiran hukum mengenai cara-cara peningkatan dan pengembangan kehidupan ekonomi Indonesia secara Nasional.
  2. Hukum Ekonomi sosial, adalah yang menyangkut pengaturan pemikiran hukum mengenai cara-cara pembangian hasil pembangunan ekonomi nasional secara adil dan martabat kemanusiaan (hak asasi manusia) manusia Indonesia.

Contoh Hukum Ekonomi

1. Jika harga sembako atau sembilan bahan pokok naik maka harga-harga barang lain biasanya akan ikut merambat naik.

2. Apabila pada suatu lokasi berdiri sebuah pusat pertokoan hipermarket yang besar dengan harga yang sangat murah maka dapat dipastikan peritel atau toko-toko kecil yang berada di sekitarnya akan kehilangan omset atau mati gulung tikar.

3. Jika nilai kurs dollar amerika naik tajam maka banyak perusahaan yang modalnya berasal dari pinjaman luar negeri akan bangkrut.

4. Turunnya harga elpiji / lpg akan menaikkan jumlah penjualan kompor gas baik buatan dalam negeri maupun luar negeri.

5. Semakin tinggi bunga bank untuk tabungan maka jumlah uang yang beredar akan menurun dan terjadi penurunan jumlah permintaan barang dan jasa secara umum.

 

 

SUMBER

http://antyanggarie.blogspot.com/2012/03/pengertian-hukum-dan-hukum-ekonomi.html

http://agusnuramin.wordpress.com/2012/03/11/pengertian-hukum-dan-hukum-ekonomi/

 

Anggota Kelompok :

  •     Birilakbar Ryanifian  (21210423)
  •     Chalida Fathia (21210546)
  •     Dinar Tri Anggraini (22210069)
  •     Rizchi ramadhan (28210922)
  •     Yulianti (28210754)
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s