Youlieantie's Blog

Just another WordPress.com site

MASALAH POKOK PEREKONOMIAN May 16, 2011

Filed under: Uncategorized — youlieantie @ 11:56 am

Pengangguran

Banyak jenis pengangguran yang muncul dalam perekonomian indonesia, namun secara umum pengangguran akan lebih banyak memberi dampak yang kurang baik bagi kegiatan ekonomi negara. Pengangguran akan menyebabkan beban angkatan kerja yang benar-benar produktif menjadi semakin berat, disampingitu secara sosial pengangguran akan menimbulkan kecenderungan masalah-masalah kriminalitas dan masalah sosial lainnya. Adapun jenis- jenis pengangguran yang dapat disebutkan diantaaranya adalah:

  1. Pengangguran friksionil, yakni pengagguran yang terjadi karena seseorang memilih menganggur sambil menunggu perkerjaan yang lebih baik, yang memberikan fasilitas dan keadaan yang lebih baik.
  2. Pengangguran struktural, yakni pengagguran yang terjadi kare seorang diberhentikan oleh perusahaan, karena kondisi perusahaan yang sedang mengalami kemunduran usaha, sehingga terpaksa mengurangi tenaga kerja.
  3. Pengangguran teknologi, yakni pengangguran yang terjadi karenea mulai digunakan teknologi yang menggantikan tenaga manusia. Seringkali pengangguran ini terjadi karena kemampuan dan seahlian pekerjaan yang tidak bisa menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.
  4. Pengangguran siklikal, yakni pengangguran yang terjadi karena terjadinya pengurangan tenaga kerja yang secara menyeluruh, dikarenakan kemunduran dan resesi ekonomi.
  5. Pengagguran musiman, yakni pengangguran yang terjadinya dipengaruhi oleh musim. Jenis pengangguran ini sering terjadi pada sektor pertanian.
  6. Pengangguran tidak kentara, yakni pengangguran yang secara fisik dan sepintas tidak kelihatan, namun secara ekonomi dapat dibuktikan bahwa seseorang tersebut sesungguhnya menganggur.

Di Indonesia sendiri pemerintahan terus berupaya menatasi pengangguran ini, ada beberapa langkah dan kebijaksanaan pemerintah yang pernah, sedang dan akan dilakukan diantaranya adalah:

  1. Yang paling mendasar adalah dengan mengatasi masalah kependudkan, yakni dengan mencoba mengendalikan pertumbuhan penduduk, karena disadari bahwa pertumbuhan penduduk yang terlalu cepat.
  2. Dengan tidak melupakan prinsip APBN, akan menambah sektor pengeluaran, baik itu pengeluaran pemerintah maupun pengeluaran dari sektor investasi.
  3. Di pihak lain dengan memberikan dan mengarahkan pendidikan sumber daya ke arah yang lebih mendesak, dengan memperbanya pusat-pusat pelatihan kerja.
  4. Usaha lainya adalah dengan mencoba membuka kesempatan dan lapangan kerja di daerah-daerah yang selama ini kurang berkembangan kegiatan ekonomianya.

sumber:http://andisarahmimaulina.blogspot.com/2011/03/masalah-pokok-perekonomian-indonesia.html

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s