Youlieantie's Blog

Just another WordPress.com site

para perwirausahawan October 20, 2010

Filed under: Uncategorized — youlieantie @ 7:42 am

Pengertian Bisnis

 

Bisnis berasal dari kata BUSINESS BUSY SIBUK.

Bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang dalam pengertiam ini bisnis sebagai aktifitas yang menyediakan.

 

Beberapa definisi bisnis menurut para ahli:

 

v            Mahmud Machfoedz.

 

Bisnis adalah usaha perdaganngan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

v            Brown dan Petrello (1976).

 

“Business is an institution which produces goods and services demanded by people”. Artinya bisnis ialah suatu lembaga yang mengahasilkan barang dan jasa yang bisnis pun akan masyarakat. Apa bila kebutuhan masyarakat meningkat maka lembaga bisnis pun akan meningkat pula perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dambil memperoleh laba.

 

 

Jadi, Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dari institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari – hari.

 

Usaha atau pelaku bisnis harus mampu memadukan empat macam sumberdaya yaitu:

 

  1. Sumber daya materi.
  2. Sumber daya manusia.
  3. Sumber daya keuangan.
  4. Sumber daya informasi.

 

Tujuan bisnis.

 

Setiap bisnis atau perusahaan berusaha mengolah bahan untuk di jadikan produk yang di perlukan oleh konsumen produk dapat berupa barang atau jasa. Tujuan perusahaan membuat produk adalah untuk mendapatkan laba, yakni imbalan yang diperoleh perusahaan dari penyedia suatu produk bagi konsumen.

 

Empat faktor produksi dalm bisnis

 

  1. Sumber Daya Alam.
  2. Sumber Daya Manusia.
  3. Modal dan;
  4. Informasi.

 

Berikut merupakan contoh dari bisnis ph production house yang dapat menaikkan perekonomian mereka :

Rhenaldi mengatakan menjalankan bisnis ph production house memang sulit. Selain ketekunan, kreativitas dan inovasi, wirausahawan juga butuh keberanian. “mengembangkan bisnis itu artinya anda berteman dengan ketidakpastian,” kata rhenald dalam seminar ‘inspirasi usaha, taklukkan krisis, gali potensi’ di balai kartini, sabtu 18 april 2009.

Oleh karena itu, katanya, jika wirausahawan tidak memiliki keberanian, maka sulit untuk naik kelas. “jadi koreksi diri anda?” katanya. Tidak hanya itu, lanjut rhenald, harus ada optimisme. Rasa optimistis ini penting untuk menyemangati diri sendiri.

Tips bersahabat dengan ketidakpastian ini adalah mempelajari setiap langkah yang akan dijalankan. Ketidakpastian pada usaha-usaha yang tidak dikenal, alangkah lebih baiknya jika bukan menjadi prioritas. “ingat ada risiko, namun semakin pasti suatu bisnis, semakin kecil risiko yang dihadapi dan semakin kecil kemungkinan keuntungan,” katanya. Sebaliknya semakin berisiko usaha itu maka tingkat pengembaliannya semakin besar. Contohnya pada bisnis saham.

Rhenald juga menyarankan agar pebisnis memperhatikan perkembangan pasar ph production house. Pergeseran pasar penting untuk melihat minat konsumen. Sebab minat ada hubungannya dengan permintaan. Semakin tinggi minat dan kesukaan, maka permintaan akan semakin tinggi dan produksi akan terus meningkat.

Pengembangan bisnis juga sangat tergantung pada konsep, bukan program ph production house. Contoh, kata rhenald, dengan konsep oleh-oleh maka orang tidak akan memandang harga. Tapi ketika diprogram dengan jualan dimana-mana, maka konsep oleh-oleh akan hilang. Sehingga ketika produk tersebut ada dimana-mana, maka harga dan minat akan berkurang.

Terakhir adalah cerdas dalam memilih usaha ph production house. Rhenald mengatakan, hidup selalu soal memilih. Hasil itu merupakan respons dari wirausahawan dengan suatu kejadian. Keputusan cerdas yang diambil akan bisa meningkatkan usaha atau justru menjatuhkannya.

Sumber : vivanews.ac.id

 

 

 

 

Kesimpulan

Para perwirausahawan harus memiliki keberanian dan harus optimis. Rasa optimistis ini penting untuk menyemangati diri sendiri. Dan para pembisnis harus memperhatikan perkembangan pasar atau usahanya. Para perwirausahawan cerdas dalam memilih usaha yang akan di jalani. Karna hidup selalu soal memilih.

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s